Kekhawatiran praktis merapikan cetak PLA dengan uap kloroform


9

Salah satu cara untuk memberikan cetakan PLA hasil yang halus adalah perawatan dengan uap kloroform (atau pelarut lain, seperti yang disebutkan dalam jawaban ini ). Metode ini bahkan ditampilkan di situs web Ultimaker . Saya ingin mencobanya pada beberapa cetakan saya.

Apa masalah praktis yang harus saya ketahui tentang penggunaan uap kloroform? Saya mencari saran mengenai suhu penguapan, waktu pemaparan yang membuat hasil yang bagus, dan pengalaman lainnya.

Peringatan! Kloroform adalah bahan kimia yang cukup beracun! Saya hanya mendekati metode ini karena saya memiliki akses ke laboratorium kimia yang lengkap dengan tudung asap .

Disclamer: Pertanyaannya bukan tentang masalah keamanan menggunakan uap kloroform. Ini tentang bagaimana mendapatkan hasil post-processing terbaik dengan sedikit trial-and-error.

Jawaban:


3

Posting Reddit ini tampaknya memiliki beberapa dialog coba-coba yang baik.

Posting hal ini, bersama dengan banyak referensi online lainnya, menunjukkan bahwa hasilnya sangat mirip dengan perawatan Aseton dengan ABS. Saya tidak terbiasa dengan cara kerja batin, tetapi saran umum adalah untuk menyadari apa yang Anda kerjakan. Perawatan uap yang diinduksi oleh panas tampaknya menghasilkan lapisan permukaan terbaik, tetapi bisa sulit untuk melacak waktu paparan yang tepat. Tampaknya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai permukaan akhir yang diinginkan tergantung pada ukuran dan keterbukaan fitur pada objek. Dengan keterbukaan, maksud saya bagaimana uap tersebut dapat menempel dengan sendirinya pada permukaan objek dibandingkan dengan fitur-fitur lainnya. Beberapa variabilitas ini dapat dikurangi dengan merampingkan proses. Mungkin jika Anda menemukan cara untuk memutar bagian atau wadah uap selama proses. Ini bisa memastikan kontak dibuat di sudut kecil / fitur. Variabel lain yang perlu dipertimbangkan mungkin:

  • Jika reduksi paparan secara bertahap diperlukan (seperti pada sebagian besar operasi perlakuan panas);
  • Berapa banyak suhu mempengaruhi waktu. Sebagian besar halaman yang saya baca menyebutkan 100C sebagai temp untuk menguapkan bahan kimia;
  • Ukuran "ruang penguapan" sesuai dengan berapa banyak bahan kimia yang tersedia. Saya telah menggunakan cat galon yang dapat dilapisi dengan handuk kertas yang digosokkan ringan dengan Aseton untuk bagian antara 1 "^ 3 hingga sekitar 4" ^ 3.

Hanya itu yang bisa saya pikirkan, saat ini, yang berpotensi berdampak paling besar pada prosesnya. Seperti halnya pencetakan 3D, tidak ada cara mudah untuk mengetahui secara pasti bagaimana bagian Anda akan berubah. Perbedaan tipis dalam bentuk bagian Anda dapat membuang "proses terbukti" yang Anda buat. Semoga ini memberi Anda ide tentang hal-hal apa yang harus diperhatikan dalam memulai.

Berikut ini informasi tentang keselamatan, sebelum OP menambahkan penafian Seperti halnya bahan kimia apa pun, selalu lihat MSDS (Material Safety Data Sheet) ! Pemasok mana pun yang Anda beli kloroform, harus mengirim MSDS bersama produk tersebut. Jika tidak dikirim, Anda harus dapat memintanya. Jika mereka tidak memilikinya, jangan gunakan produk dan jangan membeli dari mereka.

Dalam sebagian besar kasus, Anda bisa lolos dengan menemukan MSDS online, tetapi saya sarankan mencoba mendapatkannya langsung dari pemasok Anda karena secara teoritis mereka mungkin memiliki "untai" bahan kimia yang berbeda. Karenanya, reaksi dan tindakan pencegahan keamanan mungkin berbeda dari apa yang akan Anda temukan online.

Pencarian cepat menghasilkan MSDS ini yang menyatakan bahwa kloroform memang memiliki "efek karsinogenik" bersama dengan beberapa efek jangka panjang lainnya yang tidak diinginkan. Seperti halnya MSDS lainnya, MSDS terus melampaui praktik terbaik dan batas ekstremitas.


Posting Reddit yang disebutkan tadi memang memiliki beberapa info berguna! Terima kasih telah berbagi MSDS dan masalah keamanan, tetapi itu bukan informasi yang saya cari. Saya bertanya tentang tips pemrosesan praktis seperti waktu pemaparan, suhu penguapan dan sebagainya. Saya memiliki pendidikan tinggi di bidang kimia dan dapat menangani bahan kimia dengan aman, jangan khawatir :)
Klara

Maaf tentang itu, saya lebih suka memasukkan konten tipe "no-brainer" untuk getah miskin yang melupakan sesuatu yang sama pentingnya dengan lol MSDS. Saya akan terus mencari-cari, saya menemukan beberapa halaman Grup Google membicarakannya dalam pencarian cepat saya. Anda juga dapat mencoba mencari halaman forum di situs web 3DHubs. Layanan pencetakan berbasis rekan memiliki beberapa artikel pasca pemrosesan yang beredar.
tbm0115

2

Selain menguap dengan panas, Anda bisa menggunakan alat penyemprot dan melakukan uap dingin. Waktunya sekitar 1-5 menit pada 45ÂșC untuk potongan 10x10x20 mm seperti Marvin atau bot. Saya hanya melakukan tes gangster dengannya, jadi saya tidak punya info yang lebih besar.

Polesan uap pasif tidak bekerja dengan kloroform karena cenderung retak. Perlu flash cepat di luar saja.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.