Bagaimana kecerdasan emosional dapat diimplementasikan?


22

Saya telah melihat kecerdasan emosional didefinisikan sebagai kapasitas untuk menyadari, mengendalikan, dan mengekspresikan emosi seseorang, dan untuk menangani hubungan antarpribadi secara bijaksana dan empatik.

  1. Apa sajakah strategi untuk kecerdasan buatan untuk mulai mengatasi masalah ini dan mengembangkan kecerdasan emosional untuk komputer?

  2. Apakah ada contoh di mana ini sudah terjadi pada tingkat hari ini?

  3. Bukankah komputer yang lulus tes Turing harus mengekspresikan kecerdasan emosional atau itu akan dilihat sebagai komputer yang jelas?

    Mungkin itu sebabnya program awal yang lulus tes mewakili anak muda, yang mungkin memiliki kecerdasan emosi yang lebih rendah.


Setara buatan en.wikipedia.org/wiki/Theory_of_mind mungkin diperlukan, meskipun sulit untuk mengatakan bagaimana hal itu bisa / harus dilaksanakan.
Peteris

Jawaban:


19

Arsitektur untuk mengenali dan menghasilkan emosi biasanya agak rumit dan umumnya tidak memiliki deskripsi pendek, jadi mungkin lebih baik untuk referensi literatur daripada memberikan soundbite yang menyesatkan:

Beberapa pekerjaan awal di `Affective Computing 'dilakukan oleh Rosamund Picard. Ada grup riset di MIT yang berspesialisasi dalam bidang ini.

Beberapa ide arsitektur yang lebih berkembang adalah karena Marvin Minsky. Draf pra-publikasi bukunya, `Mesin Emosi 'tersedia melalui Wikipedia .

Kecerdasan emosional tampaknya akan menjadi komponen yang diperlukan untuk lulus tes Turing - memang, dalam esai tes Turing asli dalam Komputasi Mesin dan Intelijen menyiratkan beberapa derajat "Teori Pikiran" tentang preferensi Mr Pickwick:

"Namun Natal adalah hari Musim Dingin, dan kurasa Tuan Pickwick tidak akan keberatan dengan perbandingan itu."


6

Adapun komentar Anda tentang program komputer yang menunjukkan kecerdasan emosi yang lebih rendah, Anda mungkin menemukan Eliza (yang dapat Anda coba di sini ) menarik. Ini klasik dalam sejarah AI dan berpura-pura meniru seorang analis (psikologi).

Namun, saya pikir pertanyaan Anda lebih cocok saat ini di bidang Interaksi Manusia-Robot , yang sebagian besar bergantung pada visi untuk pengenalan gerakan dan mengikuti gerakan, serta gerakan alami yang lembut sebagai respons. Perhatikan bahwa gerakan wajah dan tangan termasuk tugas paling kompleks, melibatkan banyak otot sekaligus.

Saya sangat merekomendasikan film Plug & Pray untuk memiliki gagasan tentang apa yang sedang diteliti orang di bidang ini.

Di murni manusia akhir skala, kadang-kadang saya bertanya-tanya tentang kecerdasan kita (saya) emosional sendiri. Apakah saya ingin menerapkan kecerdasan seperti itu di agen buatan sama sekali?


Saya ingat mengapa saya memikirkan Eliza: bukan karena kecerdasan emosinya, tetapi karena tampaknya dianggap serius oleh beberapa manusia. Apakah ini dapat dianggap sebagai semacam tes Turing (disetujui)? Apa yang dikatakannya tentang manusia yang ditemuinya?


1
Eliza sebenarnya bukan model yang baik dari emosi manusia: itu dipilih justru karena 'detasemen profesional' dari analis berarti bahwa agak kredibel untuk bertindak tanpa perasaan terlepas dari pernyataan pengguna.
NietzscheanAI

@ user217281728 Anda ada benarnya, pasti.
Luis

2

Emosi bukanlah sesuatu yang dapat Anda terapkan - mereka sangat kompleks. Namun, Anda dapat mencoba meniru mereka. Emosi manusia terkait erat dengan pengalaman sadar yang ditandai dengan aktivitas mental yang intens, yang didasarkan pada interpretasi peristiwa.

Studi otak terbaru (termasuk penelitian dalam psikologi kognitif dan neurofisiologi) menunjukkan bahwa penilaian emosi manusia dari setiap tindakan atau peristiwa memainkan peran penting dalam proses mental manusia.

Baru-baru ini 2016 Pertemuan Tahunan BICA Masyarakat membawa bersama-sama ilmuwan dari seluruh dunia untuk prinsip-prinsip pendekatan dan mekanisme manusia berpikir untuk membuat terinspirasi secara biologis AI.

Misalnya, dalam proposal Samsonovich (seorang profesor di Departemen Sibernetika di MEPhI ), idenya adalah untuk menguji AI dalam permainan komputer yang melibatkan tindakan dengan konten emosional, di mana AI dapat terlibat dengan pemain dalam berbagai jenis hubungan sosial (seperti kepercayaan) , subordinasi atau kepemimpinan).

Jonathan Gratch dari ICT , menemukan karakter virtual yang mampu mengidentifikasi dan mengekspresikan emosi dengan berkomunikasi dengan manusia dalam bahasa alami mereka berdasarkan situasi di mana misalnya AI dapat menipu manusia untuk mencapai hasil yang diinginkan. Efeknya jelas tidak tercapai dengan menciptakan kembali kesadaran manusia, tetapi dengan mencapai parameter penyesuaian statistik.

Para peneliti dari Institute of Cyber ‚Äč‚ÄčIntelligence Systems di MEPhI berharap dapat membuat dalam waktu dekat makhluk virtual yang mampu merencanakan, menetapkan tujuan dan membangun hubungan sosial dengan manusia, juga dengan memiliki kecerdasan emosi dan naratif yang dapat menafsirkan konteks acara.

Sumber: Peneliti mengusulkan tes emosi sosial untuk kecerdasan buatan


3
Emosi bukanlah sesuatu yang dapat Anda terapkan [Kutipan diperlukan]. Ini menunjukkan bahwa emosi entah bagaimana berada pada level yang berbeda dari yang dapat dijalankan mesin Turing, dan tidak ada elemen yang menunjukkan bahwa itu benar (tidak termasuk argumen keagamaan, yang tidak relevan).
Fatalkan

1

Jadi, Anda mungkin akrab dengan Word2Vec, (W2V) yang seperti Wikipedia gambarkan 1 "menangkap konteks linguistik kata" menggunakan aritmatika vektor. Misalnya, kurangi 'Paris' dari 'Prancis' dan tambahkan 'Italia' dan Anda mendapatkan 'Roma'.

Yang Anda butuhkan adalah sesuatu seperti Sentiment2Vec (S2V) yang menangkap persamaan antara transisi emosional. Sesuatu seperti: kurangi 'ketakutan' dari 'kesedihan', tambahkan 'sukacita' dan Anda mendapatkan 'harapan'. Atau: kurangi 'sengatan' dari 'potongan kertas', tambahkan 'dihancurkan' dan Anda 'berdenyut'.

Tangkapannya adalah Anda tidak memiliki korpus konteks emosional yang mudah diakses, seperti halnya Anda memiliki kata-kata. Jika Anda memiliki sejuta jam fMRI - memetakan transisi antara emosi dalam ratusan subjek - maka Anda dapat menggunakan data itu untuk membangun S2V. Anda mungkin tidak memiliki data itu.

Sementara itu, Anda hanya bisa membangun W2V yang berspesialisasi dalam sentimen. Anda bahkan dapat mencoba menggunakan mesin analisis sentimen saat ini untuk mem-bootstrapnya. Mungkin jika Anda membaca cukup banyak teks yang mengatakan "Saya mendapat potongan kertas dan itu menyengat" dan "Saya menghancurkan jari saya dan berdenyut-denyut" maka Anda akhirnya bisa menghasilkan S2V. Buku anak-anak sering menggunakan bahasa eksplisit mengenai konteks emosional ("ini membuat anak itu merasa sedih").

Tetapi kata-kata masih jauh dari konteks pengalaman yang akan disediakan oleh sebuah map connectome. Untuk menguji apakah Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat atau tidak, Anda mungkin ingin menerapkan S2V Anda dalam simulasi mencari makan tikus - lihat apakah ia menghasilkan perilaku yang khas dan apakah setiap dinamika koperasi atau persaingan secara organik dapat tumbuh dari S2V Anda.

Beberapa info lebih lanjut tentang subjek:

Pada 2014, Universitas Glasgow mengklaim 2 bahwa ada empat emosi utama: kebahagiaan, kesedihan, ketakutan dan kemarahan.

Situs web 3 ini menyediakan uraian hierarkis emosi sekunder dan tersier yang bagus (jika agak singkat) di bawah emosi primer.


Referensi

1 : en.wikipedia.org/wiki/Word2vec

2 : www.bbc.com/news/uk-scotland-glasgow-west-26019586

3 : changingminds.org/explanations/emotions/basic%20emotions.htm


1
Anda selalu dapat menambahkan tautan ...
Mithical

0

Cara saya melakukan emosi dalam sistem AGI adalah dengan sekelompok bagian kecil, agen, pemungutan suara dalam register sistem statistik negara. Jika penyatuan agen bekerja sama dengan benar. Ini adalah bagian bawah sadar.

Bagian sadar yang merencanakan gerakan di lingkungan termasuk sistem negara ini mendaftar di semua gerakan yang direncanakan.

Semua emosi dapat diturunkan dari register ini:

https://groups.google.com/forum/#!topic/artificial-general-intelligence/pxWmHClAAdA

https://groups.google.com/forum/#!topic/artificial-general-intelligence/jWdzPaxYHmU

https://groups.google.com/forum/#!forum/artificial-general-intelligence

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.